Phobia pada komputer

Pada jaman modern seperti ini manusia sudah tidak asing lagi dengan yang namanya teknologi. Segala aspek kehidupan masyarakat masa kini pun seakan juga tidak bisa terlepas dari teknologi. Namu ternyata masih ada orang-orang yang mengaku bahwa dirinya gagap terhadap teknologi atau sering di sebut juga gaptek. Diantara mereka-mereka inilah biasanya terdapat pula orang-orang yang menderita Cyberphobia atau phobia pada komputer.

Phobia pada komputer sendiri di definisikan sebagai ketakutan dan kecemasan irasional terhadap komputer. Ketakutan ini biasanya terbentuk karena kurangnya kemampuan seseorang tersebut dalam mengoperasikan komputer. Ada keraguan dan kecemasn yang akan muncul ketika orang-orang dengan phobia ini berhadapan langsung dengan komputer.

Tak jarang penderita phobia pada komputer selalu menghindar jika harus berurusan dengan kegiatan yang berkaitan dengan komputer. Hal ini bisa berakibat buruk pada kehidupan kerja si penderita phobia. Karena tidak menutup kemungkinan ia akan menarik dirinya dari dunia kerjanya jika ada tuntutan untuk mengoperasikan komputer dalam pekerjaannya.

Adapun jika mencari lowongan pekerjaan, para penderita phobia komputer akan mengalami kesusahan karena kebanyakan tenaga kerja yang dibutuhkan saat ini haruslah mempunyai kemampuan mengoperasikan komputer. Hal itu tentu semakin menyudutkan ruang gerak si penderita dalam dunia kerja.

Alasan munculnya phobia terhadap komputer ini bisa bervariasi, namun yang paling umum untuk takut terhadap komputer biasanya terletak pada kesulitan atau ketidakmampuan dalam pengoperasiannya. Bagi penderita phobia komputer bekerja dengan komputer itu membuatnya kembali menjadi nol, kemampuan yang ia miliki seakan tidak berguna ketika ia berhadapan dengan komputer.

Gejal-gejala yang dialami pun hamper sama dengan phobia-phobia lainnya. Biasanya penderita phobia pada komputer akan merasakan kecemasan, kepanikan, jantung berdetak lebih kencang, kehilangan control hingga mengalami full down kondisi.

Dan hal buruk yang akan dialami penderita phobia komputer ini adalah menjadi menghindar terhadap komputer dan teknologi lainnya. Kesulitan mengerjakan tugas-tugas kecil yang berhubungan dengan komputer hingga pada kecemasan berlebihan yang membuatnya tidak bisa berpikir jernih.

Pendekatan terhadap komputer, perangkat lunak ataupun internet secara bertahap adalah salah satu cara untuk mengatasi phobia ini. Dan dengan bantuan ahli komputer untuk membimbing secara perlahan-lahan, maka tidak menutup kemungkinan phobia ini dapat segera disembuhkan. Sehingga penderita phobia pada komputer ini bisa segera menikmati hidup bebasnya tan selalu dihantui rasa ketakutan akan komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>